Bagi pemilik mobil, dan biasa memarkirkan mobil di tempat yang tidak memiliki atap, tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Cover Mobil atau biasa di kenal dengan nama sarung mobil, yang memiliki fungsi untuk melindungi mobil pada bagian luar dari masalah yang bisa saja timbul karena hujan ataupun terik matahari. Tapi ada juga yang menggunakan cover mobil yang terparkir di dalam ruangan untuk menghindari debu ataupun kotoran hewan yang mungkin saja ada di dalam ruangan. Sebelum memilih cover mobil, pastikan bahan yang dijadikan Cover mobil bahan yang aman dan tidak akan membuat kerusakan pada bagian luar mobil seperti gesekan atau baretan karena bahan yang di gunakan 100% sintetis. Jika mobil sudah terkena hal seperti ini, biasanya akan membentuk pola gesekan seperti sarang laba-laba. Hindari pemilihan cover mobil yang berbahan licin bagian luar dan dalam, meskipun anti air, tapi bisa memperparah tekanan bagian dalam cover mobil dan bagian luar mobil akan rusak.

Pemilihan bahan jika digunakan dalam ruangan.

Jika memarkirkan mobil dalam ruangan, bahan kain Fabric akan cocok untuk cover mobil. Tapi bisa juga di gunakan untuk parkir Outdoor, bahan Fabric biasanya berongga (Perfotated) sehingga memungkinkan adanya sirkulasi udara melalui Cover, dan memiliki fungsi melembapkan bagian luar mobil. Meskipun Cover dengan bahan Fabric bisa di bilang mahal, namun cover ini mampu menjaga bagian luar mobil lebih baik di banding dengan bahan lainnya.

Pemilihan Bahan Cover Mobil Untuk Outdoor

Jika ingin memilih cover mobil untuk Outdoor, Anda harus memilih bahan yang berjenis Ripstock yang bisa di pastikan tidak akan merusak bagian luar mobil karena memiliki coating anti air di bagian luar dan dalam. Adapun jenis lain, bahan cover mobil yang bagus untuk mobil Anda, antara lain :

  • Bahan Taslan
    Bahan Taslan, jika dilihat sekilas mirip dengan bahan Polister hanya saja, bahan ini jauh lebih lembut. Tebal, dan lebih ringan. Bahan yang memiliki lapisan karet, dengan kelebihan tidak mudah sobek dan ringan. Jika di banding dengan Polister, bahan Taslan jauh lebih baik karena tingkat kerapatan pada bahan sangat rapat dan terlindungi. Ada tiga jenis bahan Taslan, yakni Taslan jarum, Taslan balon, Taslan semprot dan Taslan parasut. Bahan yang paling bagus di gunakan untuk cover mobil Outdoor, sebaiknya menggunakan Taslan parasut karena Memiliki 95% windproof.
  • Bahan Polister
    Bahan dengan daya tahan yang sangat kuat dari terpaan air hujan dan juga matahari. Tidak mudah pudar dalam keadaan cuaca seperti apa pun, sehingga sangat cocok untuk bahan cover mobil Outdoor.
  • Bahan Puma
    Bahan ini hampir sama dengan bahan Taslan, hanya saja baham puma memiliki kualitas yang lebih tinggi dari segi coating pada bagian dalam, yang anti air dan juga tebal.
  • Bahan Milky
    Jenis bahan yang terakhir ini, memiliki coating anti bocor dan anti gores untuk cover mobil Outdoor. Hal ini bisa di pastikan dengan melihat saat bahan ini terkena air, dan yang terjadi seperti air di atas daun talas. Bahan waterproof, yang memiliki kekuatan dan ketebalan lebih dari bahan sejenisnya.

Dengan mengetahui jenis bahan yang bisa di gunakan untuk cover mobil, bisa membuat Anda lebih teliti dalam memilih cover mobil. Selain itu dapat mempermudah Anda dalam proses pembelian, dan mendapatkan cover mobil sesuai dengan kebutuhan, dan mendapatkan cover yang bagus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here