Apa yang terjadi jika mobil kamu tidak pernah di cuci selama berminggu – minggu atau bahkan berbulan – bulan? Jangan harap deh akan ada yang mau lirik kendaraan kamu. Tapi, meskipun mencuci mobil itu adalah bagian yang sangat penting, tak sedikit orang yang justru menganggap remeh kegiatan yang satu ini. padahal, cuci mobil kalau tidak tahu trik atau caranya justru bisa buat mobil rusak. Sebagian orang berpikir jika air bersih tambah lap aja sudah more than enough. Yang penting body mobil kinclong lagi pun sudah cukup. Tapi, sayang sekali bagian – bagian kecil atau kolong mobil justru tidak di bersihkan dengan benar. Well, tips dan trik otomotif kali ini sangat tertarik untuk membahas apa yang boleh dilakukan dan tidak boleh di lakukan saat cuci mobil.

Satu catatan penting buat kamu yang punya kendaraan seperti mobil, yaitu perlakukan mobil kamu dengan sebaik mungkin kalau mau awet lebih lama. Hal sederhananya juga bisa dilihat dari cara kamu mencuci mobil tersebut. Oke, supaya kamu tidak lagi melakukan kesalahan saat cuci mobil, berikut ini 5 tips dan trik otomotif dalam mencuci mobil yang harus kamu catat, ingat, dan praktek.

1. Kalau kamu akan mencuci mobil, pastikan jika kamu melakukannya di carport atau garasi atau tempat yang teduh, bukan tempat yang langsung terdapat paparan panas matahari. Ini dilakukan bukan karena supaya kamu tidak jadi kepananasan ya, tapi panas matahari langsung itulah yang bisa berpengaruh pada mobil. So, sebaiknya cuci mobil di carport saja.
2. Ketika mobil di bawa dalam suatu perjalanan tertentu, mungkin saja ada kotoran yang cukup membandel kalau kelamaan nempel di mobil. Karena itu, jika mobil sudah dikotori oleh kotoran yang berpotensi susah di bersihkan, kamu harus segera cuci mobil sebelum terlambat.
3. Mencuci mobil itu tidak wajib harus selalu pakai shampo mobil. Air bersih saja sudah cukup tentunya, tapi kalau kamu ingin gunakan shampo mobil, pastikan takarannya pas dan cocok untuk jenis kendaraan anda.

4. Jangan sampai lupa untuk membersihkan bagian mobil yang biasanya sering terlupakan seperti celah – celah jendela/kaca mobil juga bagian kolong mobil yang kadang terabaikan untuk dibersihkan. Kolong mobil yang terdapat kotoran yang cukup tebal bisa diatasi dengan selang air bertekanan tinggi agar kotoran gampang dibersihkan.

5. Jangan sesekali gunakan deterjen baju untuk mencuci mobil ya! Karena bahan dan peruntukkannya tentu saja berbeda. Pun kalau ingin lap mobil, jangan sembarangan jenis kain lap di pakai, karena kain yang terlalu kasar jusru bisa merusak mobil tersebut.

Nah itulah 5 tips dan trik otomotif khususnya dalam hal cuci mobil yang harus kamu tahu. Siapa yang tidak akan senang kalau mellihat mobil bagus dan bersih, iya kan? Oleh karena itu, pastikan untuk terus perhatikan kebersihan mobilnya ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here