6 Gejala Radiator yang Tersumbat atau Buruk (dan Biaya Penggantian)

Saat mesin hidup, ia menghasilkan panas. Tujuan radiator adalah untuk mendinginkan mesin dan mencegahnya menjadi terlalu panas. Mesin mobil menggunakan cairan pendingin untuk menyerap panas dan memindahkannya ke radiator yang menjadi dingin. Setelah dingin, pendingin dikirim kembali ke mesin dan proses dimulai lagi.

Ketika radiator Anda tersumbat, tidak bekerja seefisien yang dimaksudkan, atau hanya menjadi buruk, tidak cukup pendinginan terjadi di dalam mesin. Ini dapat menyebabkan mobil Anda kepanasan dan jika tidak segera diperbaiki, kerusakan permanen pada bagian dalam mesin Anda.

Radiator dapat tersumbat dari dalam, luar, atau gagal total. Berikut adalah beberapa tanda radiator yang tersumbat yang ingin Anda cari sebelum kerusakan mesin yang mahal terjadi.
Gejala Umum Radiator yang Tersumbat

1 – Bacaan Pengukur Suhu Tinggi

pengukur suhu tinggi
Karena radiator fungsional mencegah mesin dari panas berlebih, Anda akan tahu ada yang salah dengan radiator jika mesin mulai terlalu panas.
Monitor pengukur suhu untuk melihat apakah pembacaan lebih tinggi dari biasanya atau jika jarum berada di zona “merah”. Beberapa mobil baru akan menampilkan suhu secara digital dan memperingatkan Anda ketika suhu mesin terlalu tinggi.
Suhu operasi normal untuk sebagian besar mobil berada di suatu tempat antara 195 dan 220 derajat F. Jika suhu turun sedikit dari kisaran itu, itu sering tidak menjadi penyebab alarm, terutama di bulan-bulan musim panas ketika pendingin udara terus berjalan.

Tetapi jika suhunya secara konsisten tetap berada di sisi yang panas, mungkin Anda memiliki radiator yang tersumbat. Ini biasanya terjadi karena korosi karena karat, penumpukan endapan internal dari waktu ke waktu, atau serpihan yang tersangkut di radiator yang mencegah jumlah cairan pendingin yang tepat bersirkulasi melalui radiator dan mesin Anda.

2 – Kebocoran Pendingin

kebocoran cairan pendingin
Housing atau sirip pendingin dapat mengembangkan lubang kecil atau retak pada mereka ketika radiator tersumbat karena penumpukan karat yang parah. Setelah ini terjadi, Anda mungkin dapat melihat tetesan cairan pendingin di lantai garasi atau jalan masuk.

Karat di dalam radiator Anda sering terbentuk karena pendingin berkualitas rendah atau menambahkan air keran biasa (bukan suling) ke campuran pendingin yang memiliki lebih banyak kontaminan. Jika radiator flush tidak dilakukan secara teratur, semakin banyak karat akan terbentuk dan mulai menggerogoti tangki radiator.

Dengan kebocoran cairan pendingin sekecil apa pun, kendaraan Anda akan dipaksa beroperasi dengan jumlah pendingin yang tidak mencukupi dan lampu dengan tingkat pendingin yang rendah dapat menyala di dasbor Anda.

Jika Anda tidak memperbaiki kebocoran sesegera mungkin (atau paling tidak menjaga level cairan pendingin tetap), mesin Anda mungkin terlalu panas dan bahkan perlu perbaikan mahal karena kerusakan internal.

3 – Perubahan Warna Cairan

cairan pendingin
Pendingin kendaraan harus berwarna hijau terang atau kuning (atau kadang-kadang merah atau merah muda) dan mengalir bebas melalui radiator dan saluran pendingin di dalam mesin.

Seiring waktu, endapan internal dan bahkan lumpur dapat mencemari pendingin. Ini akan mengubahnya menjadi lebih banyak warna berkarat atau bahkan warna minyak. Memeriksa tangki cairan pendingin seringkali merupakan cara termudah untuk memeriksa kondisi cairan pendingin.

Cairan yang terkontaminasi ini juga akan sedikit lebih tebal dan tidak membuatnya mudah mengalir melalui sistem pendingin. Ini pada gilirannya mulai menyumbat radiator dan jika Anda membiarkannya cukup buruk, efisiensi radiator dapat berkurang sampai menyebabkan mobil Anda terlalu panas. Siram radiator harus dilakukan secepatnya.

Selain itu, beberapa kendaraan memiliki pendingin transmisi yang terletak di dalam radiator. Jika kebocoran terjadi pada penghalang yang memisahkan keduanya, cairan pendingin dan transmisi akan bercampur dan menyebabkan masalah ganda.

4 – Sirip Radiator Eksterior Diblokir

radiator kotor
Radiator dirancang untuk pendinginan maksimum. Untuk mencapai itu, tabung sirip tipis berjalan melintasi bagian depan radiator. Tabung ini membawa pendingin panas. Saat Anda mengemudi, kipas radiator mendorong udara luar ke dan di sekitar sirip ini untuk menurunkan suhu cairan pendingin sebelum mengalir kembali ke mesin.

Laporkan iklan ini
Mediavine
Jika tabung ini tersumbat oleh kotoran, serangga, daun, atau bahan lainnya, aliran udara terhambat yang tidak memungkinkan pendingin menjadi dingin sebanyak yang diperlukan.

Pada kebanyakan mobil, biasanya ada akses yang cukup (Anda mungkin perlu melepas satu atau dua penutup plastik) untuk menggunakan selang taman dan menyemprotkan nozzle untuk membersihkan puing-puing yang mungkin menghalangi bagian depan radiator.

5 – Sirip Bengkok atau Rusak pada Radiator

sirip radiator bengkok
Selain tersumbat karena benda asing yang menempel di depan radiator, aliran udara juga dapat terhalang ketika sirip cukup bengkok atau rusak. Sirip ini sangat halus dan sepotong kerikil kecil menghantam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here